Hidup, Cinta dan Waktu

Data sampai dengan hari ini 27 Agustus 2012 untuk korban meninggal dunia karena arus mudik dan balik lebaran tahun ini sebanyak 908 orang (data dari detik.com)
Sebenarnya apa yang salah dengan mudik lebaran? Apakah salah dari kendaraannya, salah dari waktunya atau salah dari pemudiknya itu sendiri?
Banyak faktor yang menyebabkan kecelakaan tahun ini meningkat, tapi mungkin harusnya ada 1 faktor yang harus diperbaiki agar kejadian mudik tahunan ini tidak terus menerus memakan korban hingga ratusan orang. Jika kita lihat korban tahun ini meningkat 2x lipat dari tahun lalu yang sebanyak 400-an orang dan di dominasi oleh pemudik yang menggunakan kendaraan roda 2.
Jika saja kita bisa membuat sebuah peraturan yang mengatur waktu mudik yang saat ini dilakuakn serempak antara kendaraan roda 2 dan roda 4. Misalnya saja saya contohkan 2 aturan baru.

1. Membuat aturan waktu, untuk hari “A” yang boleh menggunakan jalur mudik hanya kendaraan roda 2 dan hari “B” roda 4 yang akan melakukan mudik. Pengaturan seperti ini mungkin akan mengurangi resiko macet karena berebut jalan antara kendaraan roda 2 dan roda 4.

2. Mengatur jalur antara roda2 dan roda 4. Misalnya saja Roda 4 menggunakan jalur Panturan yang lebih lurus dan lebar sehingga mengurangi macet karena bertumpuknya kendaran. Sedangkan kendaraan roda 2 menggunakan jalur Purwakarta yang lebih sempit dan berkelok sehingga kesempatan untuk mempercepat kendaraan lebih kecil.

Semoga ini bisa membantu untuk tahun-tahun berikutnya agar tidak terjadi peningkatan kembali korban-korban yang sebenarnya ingin berkumpul dengan keluarga di kampung halaman.

Salam
Penulis

Iklan

About djosave

3S (Simple, Sabar, Sayang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s