Catatan Pendek Penulis | tempat menulis sepanjang yang saya bisa

Sarapan apa anda hari ini?

Banyak sekali yang mengajukan pertanyaan ini dalam status Facebook orang-orang, entah hanya iseng untuk menjaring comment dari temannya atau memang hanya iseng karena ga ada sarapan dirumah.
Selain banyaknya pertanyaan seperti ini banyak juga jawaban yang muncul dari semua pertanyaan tersebut, berbagai jawaban mereka masukan dalam comment teman mereka tersebut. Ada yang menjawab roti, nasi kuning, nasi uduk, atau bahkan ada yang hanya menjawab kopi dan sebatang rokok.

Dalam postingan kali ini saya akan menjelaskan betapa pentingnya sarapan bagi kita sebelum beraktifitas.

Sarapan pada arti dasarnya adalah memberikan alas (bahasa sunda sarap artinya alas) atau dasar. Dasar disini adalah dasar tenaga untuk melakukan semua aktifitas yang akan kita jalani seharian penuh,karena untuk semua aktifitas kita memerlukan tenaga, tenaga untuk bekerja, tenaga untuk berpikir.

Menurut sumber menyatakan bahwa  sarapan berperan penting dalam menjaga metabolisme tubuh? Bahkan, apabila kamu tidak pernah melewatkan sarapan, kamu nggak bakal kesulitan lagi untuk mendapatkan perut yang rata. Hal ini karena perut yang dalam keadaan kosong di pagi hari, setelah diisi makanan akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori lebih efisien.

Namun, perlu diperhatikan, konsumsi makanan untuk sarapan yang baik adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, kadar serat tinggi rendah gula serta Glikemik Indeks (GI) rendah karena tidak akan membuat kadar gula darahmu melonjak secara tiba-tiba.

Pentingnya sarapan pagi juga tidak bisa dillupakan oleh kamu yang sedang berdiet. Apabila kamu melewatkan sarapan, pasti akan cenderung mudah lapar serta cenderung reaktif ketika melihat makanan. Akibatnya, kita jadi lebih suka ngemil ketimbang mengkonsumsi makanan utama yang memberi kontribusi untuk stamina tubuh.

Apalagi jika kamu sarapan dengan jenis makanan yang bernilai GI tinggi seperti nasi, donat, rice cracker  atau waffles. Ini bisa membuatmu akan merasa cepat lapar dan ingin mengkonsumsi  lebih banyak makanan lagi. Klik di sini kalau kamu ingin tahu lebih banyak jenis makanan dengan kadar High GI, Medium GI, dan Low GI.

Pentinya sarapan pagi belum cukup sampai di situ saja lho. Ada manfaat lain yang bisa diperoleh dengan rutin sarapan, yaitu kondisi mood yang cenderung stabil. Kadangkala perubahan mood yang fluktuatif biasanya berhubungan erat dengan kondisi fisik yang lemah. Akibatnya ketika kondisi fisik kita lemah, suasana hati kitapun jadi lebih mudah marah serta perlahan membuat kita kehilangan semangat bekerja dan cepat merasa lelah

Iklan

About djosave

3S (Simple, Sabar, Sayang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s