musim demo buruh (28 oktober 2013 – 01 November 2013)
Catatan Pendek Penulis | Setelah selembaran mengenai demo tanggal 28 october 2013 sampai dengan 01 november 2013 membuat semua kalangan siaga dengan keadaan demo ini, termasuk perusahaan tempat saya bekerja pun telah menyediakan pasukan anti huru-hara.

Dijalan, didepan kawasan banyak spanduk yang menyuarakan  mengenai anti sweeping, penolakan terhadap demo anarkis dan buruh adalah teman pengusaha.

Memang secara hukum, sweeping memang melanggar hukum karena biasanya sweeping memasuki kawasan atau lingkungan perusahaan tanpa ijin. Jika hal ini terjadi pendemo bisa dikenai pasal 173 KUHP mengenai masuk lingkungan perusahaan tanpa ijin.

Jika kita perhatikan demo kali ini memang resmi untuk ijinnya dikeluarkan oleh ketua serikat pekerja Indonesia selama 1 minggu, dan itu telah terjadi sejak senin kemarin tanggal 28 october 2013 ini. Tuntutan demo kali ini adalah mengenai kenaikan gaji sebesar 50% atau 3,7 juta untuk tahun 2014. Saya pikir dengan tuntutan gaji sebesar itu apakah mungkin dipenuhi? Untuk perusahaan besar sekalipun dengan gaji sebesar itu mungkin cukup berat mengingat biaya untuk produksi pun kian tinggi dan disusul dengan kenaikan Dollar yang menjadi mata uang penting dalam membeli bahan baku, lalu bagaimana dengan perusahaan kecil? mereka mampu atau mampu untuk bangkrut dan memilih investasi diluar Indonesia?

Jika kita bandingkan dengan pribahasa, “mendingan makan tempe setahun dari pada makan daging hanya hari ini dan setahun kemudian tidak makan”. Pribahasa tersebut sama halnya dengan tuntutan buruh kali ini. Mungkin pengusaha bisa memberikan gaji sebesar 3,7 tapi hanya berapa bulan perusahaan bangkrut, kita buruh jadi pengangguran. Tentu bukan itu yang kita harapkan bukan?

Secara pribadi saya setuju dengan tuntutan gaji 3.7 karena akan banyak orang makmur dan menaikan tarap hidup kelayakan buruh. Tetapi saya juga khawatir dengan para pengusaha yang akan merasa keberatan, lalu pergi dari Indonesia.

Untuk anda yang merasa buruh, apakah setuju dengan tuntutan tersebut?

Beli tiket online di www.paketiket.com

Iklan

About djosave

3S (Simple, Sabar, Sayang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s