Catatan Pendek Penulis |Demam pada anak usia dibawah 1 tahun ketika suhu masih dibawah 38 adalah hal yang normal, namun ketika sudah sama atau lebih dari 38 harus segera hubungi dokter anda.

Sama seperti istri saya yang khawatir terhadap sikecil yang baru saja pindah kerumah baru. Baru sehari di sini pagi tadi tiba-tiba badannya demam, karena panik dia telp kepada tantenya yang bidan mengenai obat turun panas untuk si kecil. Tetapi ketika istri saya telpon saya, saya larang dulu untuk pemberiaan obat, biarkan saja dulu tetapi berikan ASI yang cukup karena takutnya ketika demam sedikit lalu diberi obat, akan mengganggu sistem imun dari sikecil.

Saya pernah membaca mengenai seorang dokter yang tinggal di luar negeri yang membodoh-bodohi dirinya sendiri karena ketakutan yang lebih terhadap demam pada anaknya. Berulang kali dia pergi ke dokter tetapi jawabannya hanya demam biasa dan kasi ASI aja. Dia yang seorang dokter pula merasa ada yang salah dengan dokter Belanda tersebut, dia pikir anak sudah demam kok dibilang biasa saja. Usut punya curiga dibacanya lagi lah semua teori kedokteran mengenai demam pada anak, dan dia pun menyadari kesalahan pada teorinya.

Ternyata memang benar, ketika anak demam normal (dibawah 38) adalah suatu siklus sistem imun untuk membuat pertahanan alami terhadap badannya sendiri apalagi jika anak masih terlihat riang dan masih bisa menerima ASI.

Dikutip dari ayahbunda.com ada cara mengatasi demam pada anak
Bila temperatur tubuh bayi semakin tinggi, lakukan ini:

  • Ukur suhu tubuhnya. Lakukan melalui ketiak, telinga atau anus. Jangan mengukur suhu tubuh bayi sehabis mandi, karena suhu yang terukur lebih rendah dari sushu sebenarnya.
  • Bila demam tidak terlalu tinggi (kurang dari 37,5 derajat celcius), tak perlu dikompres. Susui saja sesering mungkin untuk mencegah terjadinya dehidarasi atau kekurangan cairan.
  • Bila demamnya tinggi (lebih dari 38 derajat Celsius) atau ia gelisah, hindari memberinya obat penurun demam sebelum Anda mengonsultasikannya dengan dokter. Buat ia nyaman dengan mengompresnya dengan air hangat di bagian ketiak dan lipatan pahanya.
  • Pakaikan baju yang tipis, hindari membedong atau membungkusnya dengan selimut. Usahakan agar bayi berada di ruangan yang nyaman, sirkulasi udaranya baik dan suhunya tidak pengap atau suhu ruang panas.

Segera ke dokter jika:

  • Suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius, untuk bayi di bawah 1 bulan suhu tubuhnya lebih dari 37,5 derajat celcius.
  • Tidak mau menyusu atau sudah mengalami dehidrasi dengan gejala frekuensi buang air kecilnya berkurang dan berwarna pekat.
  • Rewel atau menangis terus menerus, tidak dapat ditenangkan.
  • Lemas, tidur terus menerus dan sulit dibangunkan.
  • Sesak napas.
  • Muntah atau diare terus menerus.

Semoga bermanfaat

Iklan

About djosave

3S (Simple, Sabar, Sayang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s