Musim Banjir Datang Lagi

Catatan Pendek Penulis | Banjir adalah musibah dan bencana yang terjadi di musim penghujan seperti sekarang ini. Sedangkan arti menurut wikipedia, banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Banjir sekarang bukan lagi bencana yang melanda perkotaan yang sempit dan penuh dengan bangunan tinggi dan minim hidranase tetapi sekarang desa yang tidak pernah terjadi banjir pun ikut merasakan bencana musiman ini.

Banjir dikota besar banyak yang menyalahkan kepada pemerintah akan sistem pembuangan air yang bagus atau sistem atur aliran air agar tidak banjir, padahal seharusnya dari diri masyarakatnya yang berusaha bagaimana agar tidak banjir. Keinginan untuk tidak banjir tidak diiringi dengan larangan membuang sampah ke sungat, menggunakan aliran sungai sebagi tempat tinggal dan menutup daerah serapan air.

Saya pikir (saya juga warga JABODETABEK) banjir akan sangat berkurang bahkan tidak terjadi jika saja sungat yang luas dan dalam itu tidak dibuat dangkal dengan sampah dan penyempitan sungai oleh pemukiman liar. Banjir Kanal milik Jakarta saya pikir juga membantu aliran air menuju laut dan tidak tersumbat karena sampah.

Lalu untuk daerah yang tidak pernah terkena bencana banjir lalu sekarang itu merasakan banjir? mungkin karena daerah serapan air atau hutan untuk serapan air berkurang, menjadi pemukiman dan daerah pertanian.

Banjir ini sebenarnya bisa ditangani asal kita benar menjaga alam dan lingkungan.

Semoga tulisan saya bermanfaat di Jumat pagi ini.

Gambar : http://kontemporarigurl.blogspot.com/sediakan-sampan-sebelum-banjir.html

Iklan

About djosave

3S (Simple, Sabar, Sayang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s