daftar-harga-susu

Catatan Pendek Penulis |Pada dasarnya ASI adalah yang paling utama untuk bayi kita, tapi kadang kendala karena ibunya sibuk hingga ketika kerja si bayi mau ga mau harus diberikan tambahan susu formula. Atau mungkin karena sang Bunda tidak keluar ASI atau keluar sedikit dari yang dibutuhkan oleh bayi.
Pemberian susu formula harus memperhatikan kebersihan dan kehigienisan mulai dari tempat dan cara menyiapan susu formula.
Dibawah ini saya berikan informasi mengenaiĀ  tips menyiapkan dan membuat susu formula yang saya kutip dari AyahBunda

Peralatan:
1. Cuci bersih peralatan minum bayi menggunakan sikat dan sabun.
2. Sterilkan semua peralatan yang akan digunakan. Jika mengggunakan teknik perebusan, cangkir atau botol harus terendam dengan baik dan tidak ada udara di dalamnya. Biarkan dalam keadaan mendidih selama minimal 5 menit. Tutup panci dengan peralatan steril di dalamnya sampai dipakai. Bila tidak segera dipakai, angkat, pasang dot dan tutup botol, simpan di tempat bersih dan kering.
3. Masak air yang digunakan sebagai pelarut susu formula, termasuk air dalam kemasan, sampai mendidih, lalu biarkan selama 3 menit sebelum api dimatikan. Diamkan selama 10-15 menit dalam wadah tertutup, agar suhunya turun sampai sekitar 70 derajat C. air pun siap digunakan.

Penyiapan:
1. Bersihkan meja persiapan.
2. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir,keringkan.
3. Tuangkan air ke cangkir atau botol sebanyak yang dapt dihabiskan bayi.
4. Tambahkan bubuk susu dengan takaran sesuai, lalu tutup dan kocok sampai larut dengan baik. Sebelumnya, perhatikan apakah susu bubuk masih baik. Tanda susu yang tidak baik adalah bau berubah (tengik), warna berubah (tidak kuning cerah) atau terdapat gumpalan.
5. Dinginkan dengan merendam botol susu di air bersih dingin atau air mengalir. Cek dengan meneteskan susu ke pergelangan tangan. Jika sudah hangat atau tidak panas, susu siap diminumkan.
6. Susu formula yang telah dilarutkan harus segera diminum dan dihabiskan untuk menghindari kemungkinan pencemaran. Bila susu yang telah dilarutkan tidak segera diminum, maka taruhlah di lemari es dan dipanaskan kembali dengan merendamnya dalam air panas sebelum diminumkan. Baik di lemari es maupun di suhu ruangan, susu yang telah dilarutkan sebaiknya diminum sebelum 2 jam.

Iklan

About djosave

3S (Simple, Sabar, Sayang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s