Catatan Pendek Penulis |Facebook sepertinya semakin menjamur dan semakin banyak orang yang menggunakan facebook bukan hanya sebagai tempat untuk curhat membagikan statusnya, tetapi sekarang sudah banyak orang yang menggunakan facebook sebagai tempat untuk mencari uang.

Facebook bukan hanya tempat membagikan status, berbagi foto, berbagi informasi dan mencari teman. Tapi bagi orang-orang kreatif facebook juga dijadikan tempat untuk mencari uang dengan cara memanfaatkan status atau foto-foto yang sering di bagikan dalam facebook. Pernahkah kita membagikan foto anak kita dalam facebook, lalu di LIKE banyak orang dan dikomentari banyak orang? Hal tersebut menjadikan latar belakang ide-ide kreatif untuk menghasilkan uang dari facebook.
Salah satu ide kreatif adalah dengan membuat agency lomba foto bayi, lomba foto anak, atau lomba foto dewasa. Banyak pilihan dalam setiap hari untuk kita mengikuti berbagai macam event yang diadakan oleh puluhan agency lomba foto dengan hadiah yang berbeda-beda dan menarik. Lomba foto ini banyak yang gratis dengan hadiah menarik.
Untuk event awal biasanya mereka (agency) membuat sebuah event gratis dengan BP akhir, artinya untuk pendaftaran gratis tetapi ketika kita menang dalam lomba kita harus membayar sejumlah uang untuk biaya pendataran diakhir. Dan ketika sebuah agency sudah mempunyai nama mereka akan membuat aturan BP awal yang artinya pendaftaran menggunakan biaya sejumlah uang untuk 1 foto yang dilombakan.

Aturan-aturan dalam lomba foto facebook:
1. Harus berteman atau like fan page dari agency tersebut.
2. Membagikan notes kepada teman kita, minimal 5 orang
3. Membayar BP awal (jika ada) dan kirim bukti transfer lewat inbox.
4. Foto yang dilombakan harus asli, tanpa edit bingkai, catatan atau lebih. yang diperbolehkan adalah edit crop, pencahayaan dan rotate.
5. Menyerahkan foto lewat wall, atau inbox
6. Foto harus sesuai tema
7. Foto yang sudah masuk tidak bisa ditukar (untuk yang BP awal)
8. 1 orang hanya boleh mengirimkan 1 foto, kecuali mempunyai lebih dari 1 anak. Untuk BP awal biasanya 1 foto mempunyai biaya tertentu dan diperbolehkan mendaftarkan sebanyak mungkin foto.
9. DILARANG menggunakan foto orang lain, terutama hasil dari googling.
10. Foto yang didaftarkan belum pernah menang di event manapun, ditempat manapun.
11. Keputusan juri mutlak, bahkan ada event yang keputusan pemenangnya diambil dari banyaknya LIKE dari foto tersebut.
12. Untuk peserta yang kalah, dilarang mengejek, menghina atau protes terhadap keputusan juri.
13. Lomba hanya untuk orang serius, ketika ada seseorang yang menang lalu tidak membayar BP akhir akan masuk daftar BLACKLIST dan akan dishare kesemua event.

Hal-hal yang disukai dari lomba foto lewat facebook adalah
1. Gampang, karena tinggal upload foto dengan menyertakan keterangan yang ditentukan oleh agency
2. Murah, karena biaya perfoto paling mahal Rp 30.000
3. Hadiahnya lumayan, walaupun hanya boneka, piala dan piagam.

Hal-hal penting dalam memilih lomba foto di facebook
1. Cari tahu dulu agency yang menyelenggarakan, jangan sampai kita tertipu oleh agency tersebut. Hindari mengikuti lomba dengan BP awal, jika event pertama. Agency yang nakal biasanya segera diketahui dari share orang-orang.
2. Jangan tergiur dengan hadiah yang wah, karena biasanya hadiah besar disertai dengan kuota yang tinggi, artinya ketika kuota yang masuk tidak sesuai dengan perhitungan, maka hadiah bisa direvisi menjadi lebih rendah.
3. Pantau terus lomba yang kita ikuti, ketahui batas lomba, pengumuman hadiah dan pengambilan hadiah. Kadang dari  satu event kita bisa mendapatkan informasi event lain.
4. Jangan mudah menyerah pada 1 event yang gagal kita menangkan, karena sekarang sudah puluhan bahkan ratusan agency yang mengadakan event lomba foto.
5. Usahakan mengikut sertakan hanya 1 foto, karena dengan mengikut sertakan banyak foto akan membuat foto kita semakin banyak tersebar didunia maya.
6. Cek foto yang kita upload melalui google, jangan-jangan ada event yang menjual foto kita.
7. Biasanya waktu lomba ini paling cepat 3 hari dan paling lambat 1 bulan.
8. Share sebanyak mungkin kepada teman-teman kita lalu minta mereka meng-share juga kesemua temannya (ini hanya untuk lomba foto dengan penjurian LIKE terbanyak)

Bagaimana tips membuat lomba foto di facebook? Buka saja tips membuat event lomba foto difacebook

Iklan

About djosave

3S (Simple, Sabar, Sayang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s