Catatan Pendek Penulis | Ketika kita pensiun tentu hal yang membosankan adalah kurangnya kegiatan yang kita lakukan, dari biasanya berangkat pagi dan sibuk dengan rutinitas pekerjaan harus berakhir dengan kurangnya kesibukan dirumah. Dibawah ini saya bahas mengenai bisnis yang mungkin bisa anda ambil sebagi rencana bisnis setelah pensiun.

1. Bisnis di sektor pertanian, perkebunan, dan peternakan
Sektor ini merupakan pilihan bisnis yang sangat tepat bagi pensiunan. Sebab sebagian besar orang tua menyukai kegiatan bercocok tanam atau beternak. Apalagi permintaan akan hasil pertanian dan peternakan sangatlah besar. Sementara belum banyak produsen yang menyediakannya. Seperti bisnis peternakan ayam kampung, beternak lele, membudidayakan ikan hias, bisnis makanan organik, atau bisnis tanaman hias.

2. Bisnis properti
Pilihan lain yang cocok bagi pensiunan adalah bidang properti. Bisnis ini merupakan salah satu dari kebutuhan banyak orang. Dan Anda tidak perlu memeras keringat kala menjalankan usaha ini. Cukup mengelolanya sambil bersantai di rumah.
Selain itu, investasi properti hampir tidak ada ruginya. Sebab nilai jual properti selalu meningkat setiap tahun. Seperti bisnis indekos-indekosan di rumah. “Apalagi lokasinya di daerah kampus atau perkantoran, pasti akan banyak yang membutuhkannya,” kata Andoko.
Kalau berminat mengelola usaha properti, Anda bisa menyediakan rumah kontrakan atau indekos. Sementara lahan kosong milik Anda bisa menjadi tempat penitipan kendaraan bermotor.

3. Bisnis transportasi
Sarana transportasi sudah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat. Membuka bisnis sarana transportasi juga merupakan pilihan yang menjanjikan bagi pensiunan. Sama seperti properti, Anda pun dapat menjalankan bisnis ini dari rumah. Sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga Anda. Misalnya bisnis jasa antar-jemput anak sekolah, bisnis penyewaan mobil, motor, sepeda, maupun bus.

4. Bisnis yang sesuai dengan hobi
Untuk pilihan yang satu ini, besar kemungkinan Anda bakal menyukainya. Sebab sambil mengeruk keuntungan, Anda berkecimpung dalam hobi. Kalau senang menulis, Anda bisa mencoba membuat buku atau novel. Jika hobi membaca dan mempunyai koleksi buku yang lumayan banyak, Anda bisa memulai bisnis membuka taman bacaan.

Atau Anda hobi mengoleksi batu mulia yang pada saat ini harganya sangat menggiurkan, tentu bisa menjadi sarana bisnis yang menjanjikan.

Sumber : https://id.she.yahoo.com/pilihan-bisnis-kala-anda-pensiun-153232121.html

Iklan

About djosave

3S (Simple, Sabar, Sayang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s