Rambut beruban di usia muda

Catatan Pendek Penulis | Kadang pertanyaan simple seperti itu muncul tiba-tiba dalam pikiran kita atau karena seorang anak kecil yang aneh melihat rambut dari kakeknya. Soal rambut beruban bukanlah hal yang terjadi hanya kepada orang lanjut usia saja, sekarang sering kita lihat seorang yang masih muda sudah mempunyai uban dikepalanya. Jika menurut saya rambut beruban itu karena keturunan dari kakek saya, soalnya dulu kakek saya juga rambutnya beruban.
Namun itu hanya lelucon dari saya, jika secara ilmiah adanya uban dikarenakan beberapa hal.
1. Stres
Stres adalah salah satu penyebab rambut beruban, karena stres bisa mengakibatkan terganggunya asupan oksigen dan nutrisi kerambut yang akhirnya melanin (pigmen pewarna rambut) tidak optimal berproduksi. Konsumsi makanan yang mengandung vit B12 atau hidup seimbang bisa membuat produksi Melanin normal.
2. Gizi Buruk
Asupan gizi yang buruk juga menyebabkan kurangnya nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut.
3. Faktor Gen
Mungkin pernah kita melihat orang mudah sudah beruban atau sudah lanjut tapi rambutnya masih hitam, itulah yang menyebabkan beruban. Faktor gen mempengaruhi juga beubahnya warna rambut lebih cepat.
4. Kurang Oksigen
Pernah kita mendengar pepatah “jangan terlalu sering menggunakan minyak rambut, bisa cepat beruban” mungkin ada baiknya juga kata-kata tersebut karena rambut yang tertutup oleh minyak akan sedikiti berkuran asupan oksigen kedalam rambutnya.
Semoga bermanfaat.

Iklan

About djosave

3S (Simple, Sabar, Sayang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s